Tulisan Tangan Dan Kepribadian Diri

Kepribadian seseorang akan menentukan kesuksesan seseorang dalam meraih impian atau cita citanya. Nah untuk mengetahui kepribadian seseorang tersebut saya akan mengenalkan sebuah ilmu pengetahuan ,sehingga kita bisa dengan mudah mengetahui kepribadian seseorang melalui tulisan tangannya.

Wow… seperti cenayang atau seorang para normal aja nih. Ilmu tersebut dikenal dengan Graphologi, yuk kita cari tahu apa sebenarnya Graphologi tersebut. Grafologi berasal dari bahasa Yunani, yakni graph yang berarti menulis dan logos yang berarti ilmu. Graphology atau disebut juga handwriting analysis, adalah ilmu yang mempelajari karakter seseorang melalui analisa tulisan tangan. Orang yang ahli membaca tulisan tangan, disebut graphologist. Graphology merupakan tulisan otak manusia (Brain Writing)

Menurut penelitian dari peneliti Harvard University membuktikan bahwa tulisan tangan adalah ukuran yang signifikan dan akurat mengenai kepribadian seseorang. Penelitian pada lulusan Harvard University menunjukan bahwa 3% mahasiswa yang biasa menuliskan tujuan -tujuan mereka mendapatkan nilai rata - rata lebih tinggi, dibandingkan dengan 97% lulusan lainnya yang tidak melakukannya.

Secara Garis besar ada Tiga aspek diri manusia yang di gunakan ketika seseorang sedang menuliskan sesuatu.Ketiga aspek tersebut antara lain: Aspek Fisik, Aspek Mental,dan Aspek Emosi. Mari kita bahas tentang ke tiga aspek tesebut.

  1. Aspek Fisik.
    • Tulisan tangan mengungkapkan aspek fisik seperti identitas dan status kesehatan fisik (Alkohol, gangguan kesehatan dll)
    • Tulisan merupakan ketrampilan gerak yang di produksi oleh suatu mekanisme fisik dan apapun yang bertentangan dengan fungsi gerak, keseimbangan, syaraf akan muncul dalam tulisan tangan kita.
    • Sebagai status kesehatan fisik, apapun kondisi kesehatan fisik kita akan di cerminkan di dalam tulisan kita, jika secara fisik seseorang merasakan sakit, maka akan mudah di kenali, terutama ketika keadaannya sedang dalam kondisi frustasi, mabuk alkohol,drugs, dll.
  2. Aspek Mental
    • Manusia menggunakan simbol tertulis untuk mengkomunikasikan gagasan, pemikiran, dll. Hal ini membuktikan manusia memiliki kecerdasan yang baik dan kecerdasan tiap manusia itu berbeda - beda.
    • Beberapa individu memiliki IQ tinggi namun ada di balik penjara karena berbagai sebab, mereka memang memiliki kecerdasan bawaan namun untuk kecerdasan fungsional kurang, hal yang sama terjadi adalah ada orang yang memiliki IQ pada saat di test termasuk standar atau kurang.
  3. Aspek Emosi
    • Tulisan tangan mengungkapkan bagaimana cara kita berpikir, bertindak ,serta merasakan sesuatu. Tanpa sadar,sebuah kata atau rangkaian katayang di tuliskan dapat menjadi satu unit yang mencerminkan ego di dalam diri seseorang.
    1. Tentang Margin
      Gambar a
      Gambar a

      Margin (garis tepi) ada yang lebar dan ada pula yang sempit. Ukuran standardnya adalah 1 cm. Kita menulis dari kiri ke kanan. Kita hidup dari masa lalu ke masa depan, bukan?, Lihat ilustrasi pada gambar (a).

      Orang-orang yang margin kirinya sempit relatif mudah mengingat masa lalu dengan baik. Umumnya mereka membutuhkan kenyamanan dalam berkomunikasi. Kenapa? Karena dia akan ingat jelas kenangan buruk tersebut untuk waktu yang lama >.< Orang dengan margin kiri yang tidak rata (miring) biasanya adalah tipe orang yang ceroboh.

      Gambar b
      Gambar b

      Contoh Tulisan Yang Menabrak Margin Kanan Sementara itu orang-orang dengan margin kanan sempit biasanya lebih berorientasi pada masa depan. Mereka adalah orang-orang yang bisa dikejar target (target oriented). Yang ada dalam pikirannya adalah sales, revenue, atau tantangan.

      Gambar c
      Gambar c

      Hampir Tidak Tersisa Ruang Kosong Margin tidak berhubungan dengan argumen, tetapi berhubungan dengan keras kepala atau tidaknya seseorang. Orang-orang yang margin kanan dan kirinya sama-sama rapat biasanya cenderung keras kepala dan dominan. Lihat saja gambar (c), semua tubuh kertas dari ujung kiri hingga ujung kanan terisi oleh tulisannya. Dia tidak memberi ruang bagi orang lain untuk beropini.

    2. Tentang Baseline

      Baseline sejalan dengan ritme kerja. Orang yang baseline-nya naik turun cenderung bersifat kekanakan (labil). Kebanyakan anak-anak gaya tulisannya seperti cakar ayam, relatif sulit dibaca karena tulisan naik dan turun. Hal itu menandakan mereka cenderung labil emosinya. Sedang mereka yang memiliki baseline lurus umumnya stabil secara emosi.

      Tentang Baseline

      Jika margin kanan sangat rapat, artinya dia adalah seorang yang ambisius. Bahkan jika banyak tulisan yang menabrak margin kanan (lihat gambar (b), disebut banyak jika ≥ 5), boleh jadi orang tersebut tak segan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu yang dia inginkan. Mereka yang margin kanannya lebar dan relatif jauh lebih lebar daripada margin kiri, memiliki kecenderungan hidup di comfort zone. Tetapi ada sisi positifnya juga, yakni mereka akan mempertimbangan banyak hal sebelum akhirnya memutuskan sesuatu.

    3. Tentang Ukuran

      Orang-orang yang menulis dengan ukuran huruf besar cenderung mudah bersosialisasi dan ingin diperhatikan. Baiknya mereka bekerja dalam bidang yang berhubungan langsung dengan manusia, di bagian sumber daya manusia (SDM) misalnya. Umumnya mereka memiliki banyak teman. Orang tipe ini biasanya pembosan. Mereka lebih suka bertemu orang daripada sendirian. Oleh karena itu bagi mereka hang out bersama teman adalah kebutuhan.

    4. Tentang Tanda Tangan

      Tanda tangan lebih kecil daripada teks tulisan mengungkapkan keinginan untuk menyendiri. Sebaliknya tanda tangan besar pertanda ingin menonjolkan diri, atau ekstrovert. Bila hurufnya besar dan rapat, pertanda kesombongan. Sementara pendapat lain menyebuntukan tanda tangan kecil, mampat dan pendek pertanda rasa rendah diri. Tanda tangan besar dan bergaris bawah menunjukkan kurang selera atau ego berlebihan. Sampai disini dulu sharingnya ,tentunya apabila ada ketertarikan untuk mempelajari lebih dalam lagi ilmu Graphology ini mari kita belajar bersama sama. Sekian dan terimakasih.

      Tentang TTD

Artikel Terbaru

Aktivitas Terbaru Monarch Bali

  • Level of Business Strategic Management Training

    20 Juli 2021

    Monarch Bali menyelenggarakan satu program pengembangan diri melalui kegiatan Level of Business Stratigic Management Training sebagai salah satu bentuk komitmen dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Training ini merupakan kegiatan dimana karyawan Monarch Bali dapat memahami tingkatan/ level tanggung jawab, beban kerja, serta skala prioritas masing-masing posisi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua sesi. Pada sesi pertama diberikan langsung oleh Ketua Yayasan Widhi Sastra Nugraha, Bp. I Made Sumitra, S.E., M.M., CHT. yang dilaksanakan di Rumah Luwih Beach Resort Gianyar pada tanggal 30 Oktober 2019, sedangkan untuk sesi kedua diberikan langsung oleh Direktur dan Wakil Direktur di masing-masing Monarch Bali.
  • Sukses Otomatis

    10 Juli 2021

    Semua manusia menginginkan kesuksesan dalam hidupnya. Ukuran sukses setiap individu tentu saja berbeda-beda. Ada yang ingin memiliki rumah, mobil, membahagiakan orang tua, memiliki bisnis yang bagus, mendapatkan pasangan hidup, memiliki anak, mendapatkan karir dalam pekerjaan, atau hidup sederhana bersama keluarga tetapi bahagia. Semua keinginan-keinginan tersebut terdapat dalam pikiran manusia. Pikiran itu kemudian mengantarkan kita pada tindakan dan perbuatan yang bisa kita lakukan. Lalu serangkaian tindakan tadi akan membentuk sebuah kebiasaan, kebiasaan akan membentuk karakter. Dan karakter inilah yang menentukan nasib kita.
  • Tulisan Tangan Dan Kepribadian Diri

    7 Juli 2021

    Kepribadian seseorang akan menentukan kesuksesan seseorang dalam meraih impian atau cita citanya. Nah untuk mengetahui kepribadian seseorang tersebut saya akan mengenalkan sebuah ilmu pengetahuan ,sehingga kita bisa dengan mudah mengetahui kepribadian seseorang melalui tulisan tangannya. Wow… seperti cenayang atau seorang para normal aja nih. Ilmu tersebut dikenal dengan Graphologi, yuk kita cari tahu apa sebenarnya Graphologi tersebut. Grafologi berasal dari bahasa Yunani, yakni graph yang berarti menulis dan logos yang berarti ilmu. Graphology atau disebut juga handwriting analysis, adalah ilmu yang mempelajari karakter seseorang melalui analisa tulisan tangan. Orang yang ahli membaca tulisan tangan, disebut graphologist. Graphology merupakan tulisan otak manusia (Brain Writing)
  • Kepemimpinan Dengan Hati

    20 Juni 2021

    Suatu pagi didepan rumah anda diberikan satu bungkus tahi sapi yang lengkap dengan nama pengirimnya dan itu adalah tetangga depan rumah anda. Melihat dari kasus diatas perasaan apa yang anda rasakan? Emosi, marah, melempar balik ke rumah tetangga, atau berterima kasih atas kirimannya, bersyukur atas kiriman tahi sapinya, dan lain-lain. Mungkin mayoritas dari kita menyatakan bahwa kita emosi dan marah, sebenarnya yang terjadi kita belum tahu sebelumnya, kemarin para ibu-ibu tetangga bertemu dan mereka mengatakan bahwa kebun belakang rumahnya tidak mau subur sehingga tanaman yang ditanam tidak membuahkan hasil. Inisiatif tetangganya memberikan pupuk alami untuk kesuburan tanah, tapi yang melihat kotoran sapi adalah suaminya maka yang terjadi sebenarnya tidak diketahui.
  • Alumni Monarch Bali (AMB)

    10 Juni 2021

    Monarch Bali, sebagai salah satu lembaga pelatihan perhotelan dan kapal pesiar telah menghasilkan banyak alumni-alumni yang sukses mengembangkan karirnya baik di industri perhotelan maupun kapal pesiar. Lulusan Monarch Bali atau para Alumni memiliki daya saing tinggi di dunia kerja khususnya dibidang pariwisata, mulai dari pekerja di darat sampai di kapal pesiar. Tidak dipungkiri juga para alumni sudah banyak berkarir di industri pariwisata di dalam maupun diluar negeri. Diantara alumni-alumni monarch bali, 3 diantaranya telah bekerja di kapal pesiar dan hotel ternama. Pertama adalah Ni Kadek Yudiani adalah alumni jurusan culinary yang saat ini bekerja di Kanuhura Maldives. Yudiani memulai karirnya dari menjadi seorang training di Maya Resort Sanur and Spa. Berawal dari training tersebut kemudian membuka jalan karir seorang Yudiani yang saat ini sukses bekerja sebagai seorang pastry demi chef de partie di Maldives. Made Amelia Putrika Valencia adalah alumni kedua yang juga merupakan alumni Monarch Bali yang saat ini bekerja dikapal pesiar MSC Cruise Line. Amelia mengawali karirnya sebagai seorang daily worker di Sthala Ubud by Marriot, berawal dari karir inilah Amelia membulatkan tekadnya untuk bekerja di luar negeri dan mengenal dunia. Hingga akhirnya kini Amelia sukses mendapatkan kontraknya di MSC Cruise Line. Alumni ketiga adalah Gede Wira Arta Kusuma juga merupakan alumni kami yang saat ini bekerja di TUI Cruises. Karir Wira dimulai dari keinginan besarnya untuk bisa menjelajah negara-negara eropa. Berbekal semangat dan pengetahuan yang telah ia dapatkan selama menempuh pelatihan berbasis kompetensi di Monarch Bali, ia berhasil mendapatkan kontraknya di TUI Cruises. Itulah 3 diantara sekian banyak alumni Monarch Bali yang telah berhasil mengembangkan karirnya di negara lain.
  • Bright Student Achievement

    3 Juni 2021

    "Making Bad & Towel Art competition” yang IHKA Bali selenggarakan dimaksud untuk memacu peserta baik dari unsur Kampus, SMK Perhotelan,Villa, dan Bungalow salah satunya Monarch Bali Candidasa, maupun bidang pariwisata dalam meningkatkan kualitas dalam proses dan hasil pembelajaran khususnya di bidang usaha perhotelan agar para siswa mampu memenangkan persaingan dan berkiprah di era globalisasi, baik pada skala Sektoral, Regional, Nasional maupun Internasional. Hal ini dimaksud bahwa kegiatan "Making Bad & Towel Art competition" dalam prospektif nasional sangat terkait dan merupakan bagian integral dari program strategis peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan terutama dalam era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). IHKA Bali memilih kompetisi di bidang Tourism dan Hospitality, antara lain Making Bed & Towel Art Competition

BRIGHTER'S SPIRIT IN HARMONY

Monarch Bali Mobile Application

Monarch Bali Mobile Application Monarch Bali Mobile Application

Follow Us

Copyright 2022 Yayasan Widhi Sastra Nugraha. All rights reserved.