Sukses Otomatis

Semua manusia menginginkan kesuksesan dalam hidupnya. Ukuran sukses setiap individu tentu saja berbeda-beda. Ada yang ingin memiliki rumah, mobil, membahagiakan orang tua, memiliki bisnis yang bagus, mendapatkan pasangan hidup, memiliki anak, mendapatkan karir dalam pekerjaan, atau hidup sederhana bersama keluarga tetapi bahagia. Semua keinginan-keinginan tersebut terdapat dalam pikiran manusia. Pikiran itu kemudian mengantarkan kita pada tindakan dan perbuatan yang bisa kita lakukan. Lalu serangkaian tindakan tadi akan membentuk sebuah kebiasaan, kebiasaan akan membentuk karakter. Dan karakter inilah yang menentukan nasib kita.

Pikiran manusia dibedakan menjadi dua yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Tindakan dan keputusan yang diambil manusia, ditentukan paling banyak oleh pikiran bawah sadar (sekitar 88%) dan sisanya 12% oleh pikiran sadar. Sayangnya, pemrograman pikiran bawah sadar terjadi secara otomatis dari pendidikan lingkungan kita tanpa bisa kita kontrol dan sulit kita atur. Sehingga hasilnya,kadang justru menjerumuskan kita sendiri kedalam kecenderungan berpikir negatif, karena program-program "sampah" yang tidak memberdayakan secara tidak sengaja lebih banyak masuk dari lingkungan kita.

BERPIKIR POSITIF

Jadi satu-satunya cara untuk mendapatkan kehidupan yang diinginkan adalah dengan berpikir positif. Berikut beberapa tips untuk berpikir positif:

BERSYUKUR

Ada banyak anugerah-anugerah yang bisa kita syukuri setiap hari, kesehatan yang baik, udara segar di pagi hari, atau sarapan yang membuat kita merasa berenergi. Mensyukuri hal-hal kecil ini akan membuat kita terbiasa untuk melihat sisi positif dalam situasi apapun.

BERBUAT BAIK

Selain membuat orang lain bahagia, perbuatan baik untuk orang lain akan meningkatkan perasaan positif di dalam diri kita. Perbuatan baik untuk orang lain bisa berbentuk sesuatu yang sederhana seperti tersenyum atau menyapa orang, membantu membawakan barang bawaan, menunjukkan arah kepada orang yang tersesat, dan sebagainya.

TENTUKAN TUJUAN HIDUP DAN TERUKUR

Semua orang memiliki ambisi dan tujuan hidup. Semakin tinggi, semakin baik. Tetapi jika hal ini justru menjadi penyebab utama depresi dan pikiran negatif, sebaiknya kita menetapkan ambisi yang terukur dan benar-benar bisa dicapai.

IKHLAS MENERIMA DIRI SENDIRI

Kadang hal paling sulit untuk dilakukan adalah menerima kelemahan dan kekurangan diri sendiri. Seringnya hal inilah yang menjadi sumber ketidakpuasan dan menjadi batu sandungan dalam hidup serta depresi berkepanjangan. Daripada selalu menyoroti ketidaksempurnaan, cobalah untuk fokus pada prestasi dan berbagai atribut positif yang melekat dalam diri kita.

BELAJAR UNTUK MERELAKAN

Yang dimaksud dengan merelakan disini adalah melepaskan hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, dan fokus kepada apa yang ada saat ini. Galau karena masa lalu atau kekhawatiran masa depan hanya akan menguras pikiran dan membuat kita melewatkan berbagai anugerah yang diberikan kehidupan saat ini.

JADIKAN KETIDAK BERUNTUNGAN SEBAGAI PEMBELAJARAN

Daripada membiarkan kehilangan, stres, kegagalan atau trauma menguasai, sedikit demi sedikit kita bisa mengubahnya sebagai bahan pembelajaran dan batu loncatan untuk meraih hari esok yang lebih baik. Dalai Lama menulis “sebagian orang akan datang kepada anda sebagai berkah, sebagian lagi akan datang kepada anda sebagai pelajaran”.

PERASAAN POSITIF

Hal yang mendukung/menentukan sebelum munculnya pikiran positif ialah perasaan positif atau lazim disebut positive feeling. Positive feeling didefinisikan sebagai perasaan yang nyaman, tenang, dan damai yang bersumber dari dalam hati kita. Pada dasarnya semua pikiran dan tindakan kita berawal dari apa yang dirasakan. Semakin kita merasa baik, semakin enak perasaan kita maka energi kita pun juga akan semakin positif. Pikiran positif yang masih dibarengi dengan perasaan negatif akan melebarkan jurang pemisah rasa ketidakpercayaan yang timbul dalam diri. Konsistensi kita untuk menjaga perasaan positif akan meluapkan energi-energi positif yang pada akhirnya sangat berguna dalam keseharian kita.

Erbe Sentanu dalam bukunya Quantum Ikhlas menyatakan bahwa perasaan sangat mempengaruhi terhadap apa yang akan kita pikirkan. Kemampuan kita untuk memaknai setiap kejadian, kemudian dengan kesadaran/kebijaksanaan kita rubah menjadi positif, secara simultan memberikan dampak yang sangat baik bagi tindakan kita selanjutnya.

Positif feeling sangat erat kaitannya dengan cara kerja pikiran bawah sadar. Ketika seseorang menggunakan hatinya maka orang tersebut secara bersamaan mengaktifkan pikiran bawah sadarnya. Aktivitas perasaan bawah sadar bukan saja terjadi pada sel otak melainkan di seluruh sel tubuh manusia. Dengan kata lain ketika kita menggunakan perasaan, kita sedang memanfaatkan seluruh potensi kecerdasan tubuh kita.

LAW IF ATTRACTION

Rhonda Byrne dalam buku The Secret menjelaskan secara panjang lebar kekuatan hukum tarik menarik (law of attraction). “What you think is what you get” Apa yang anda pikirkan, itulah yang anda dapatkan. Pikiran kita ibarat tanah yang sangat subur, apa yang dimasukkan kedalam pikiran/perasaan kita, maka itulah yang akan tumbuh. Sesuatu yang kita pikirkan dengan memasukkan unsur perasaan akan membentuk sebuah frekwensi. Frekwensi pikiran/perasaan ini akan menarik hal-hal yang sama dari alam semesta. Kita semua percaya dan yakin akan kebesaran Tuhan. Alam semesta sangat luar biasa, seluruh sumber kehidupan kebahagiaan terdapat di alam semesta. Nah jika anda menjalankan prinsip-prinsip tersebut diatas dalam keinginan anda untuk pencapaian kesuksesan dan kebahagiaan, maka secara otomatis kehidupan seperti itulah yang akan terjadi dalam hidup anda.

Hal selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah bersedekah, banyak memberi. Dengan memberi, kita akan memiliki perasaan yang lebih bahagia karena bisa berbagi dengan sesama. What you give is what you get. Apa yang kita beri, itulah yang kita akan terima. Energi yang mengalir dalam tubuh pun akan semakin baik. Dengan memberi kita bisa menjalin komunikasi, membantu sesama, dan mempererat hubungan sosial.

Baiklah, hal berikut ini mungkin anda bisa praktekkan dalam pencapaian goal anda dengan mekanisme sukses otomatis. Dalam kondisi rileks, tenang dan santai otak berada pada gelombang Alfa dimana pikiran bawah sadar bekerja maksimal, visualisasikan secara detil goal-goal anda, lakukan terus menerus hingga unsur-unsur perasaan anda juga masuk kedalamnya. Ucapkan syukur dan doa seolah-olah goal anda telah menjadi kenyataan. Lakukan hal ini saat malam hari sebelum anda tidur. Dan sesuai dengan hukum alam, maka anda akan menarik hal-hal yang berkaitan dengan pencapaian goal anda, entah anda dipertemukan dengan sebuah kesempatan, atau dipertemukan dengan orang yang menawarkan sebuah peluang, atau bahkan tantangan/masalah yang harus anda selesaikan terlebih dahulu, lalu kemudian anda mendapatkan peluang setelahnya. Semakin banyak energi positif yang kita miliki maka makin banyak pula hal-hal menakjubkan yang akan terjadi dalam kehidupan kita. Hukum tarik menarik dalam semesta sangat menggambarkan kekutan dari positive feeling ini.

Semoga Tuhan memberkati anda.

Penulis: I Made Bobi Asmara

Artikel Terbaru

Aktivitas Terbaru Monarch Bali

  • Level of Business Strategic Management Training

    20 Juli 2021

    Monarch Bali menyelenggarakan satu program pengembangan diri melalui kegiatan Level of Business Stratigic Management Training sebagai salah satu bentuk komitmen dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Training ini merupakan kegiatan dimana karyawan Monarch Bali dapat memahami tingkatan/ level tanggung jawab, beban kerja, serta skala prioritas masing-masing posisi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua sesi. Pada sesi pertama diberikan langsung oleh Ketua Yayasan Widhi Sastra Nugraha, Bp. I Made Sumitra, S.E., M.M., CHT. yang dilaksanakan di Rumah Luwih Beach Resort Gianyar pada tanggal 30 Oktober 2019, sedangkan untuk sesi kedua diberikan langsung oleh Direktur dan Wakil Direktur di masing-masing Monarch Bali.
  • Sukses Otomatis

    10 Juli 2021

    Semua manusia menginginkan kesuksesan dalam hidupnya. Ukuran sukses setiap individu tentu saja berbeda-beda. Ada yang ingin memiliki rumah, mobil, membahagiakan orang tua, memiliki bisnis yang bagus, mendapatkan pasangan hidup, memiliki anak, mendapatkan karir dalam pekerjaan, atau hidup sederhana bersama keluarga tetapi bahagia. Semua keinginan-keinginan tersebut terdapat dalam pikiran manusia. Pikiran itu kemudian mengantarkan kita pada tindakan dan perbuatan yang bisa kita lakukan. Lalu serangkaian tindakan tadi akan membentuk sebuah kebiasaan, kebiasaan akan membentuk karakter. Dan karakter inilah yang menentukan nasib kita.
  • Tulisan Tangan Dan Kepribadian Diri

    7 Juli 2021

    Kepribadian seseorang akan menentukan kesuksesan seseorang dalam meraih impian atau cita citanya. Nah untuk mengetahui kepribadian seseorang tersebut saya akan mengenalkan sebuah ilmu pengetahuan ,sehingga kita bisa dengan mudah mengetahui kepribadian seseorang melalui tulisan tangannya. Wow… seperti cenayang atau seorang para normal aja nih. Ilmu tersebut dikenal dengan Graphologi, yuk kita cari tahu apa sebenarnya Graphologi tersebut. Grafologi berasal dari bahasa Yunani, yakni graph yang berarti menulis dan logos yang berarti ilmu. Graphology atau disebut juga handwriting analysis, adalah ilmu yang mempelajari karakter seseorang melalui analisa tulisan tangan. Orang yang ahli membaca tulisan tangan, disebut graphologist. Graphology merupakan tulisan otak manusia (Brain Writing)
  • Kepemimpinan Dengan Hati

    20 Juni 2021

    Suatu pagi didepan rumah anda diberikan satu bungkus tahi sapi yang lengkap dengan nama pengirimnya dan itu adalah tetangga depan rumah anda. Melihat dari kasus diatas perasaan apa yang anda rasakan? Emosi, marah, melempar balik ke rumah tetangga, atau berterima kasih atas kirimannya, bersyukur atas kiriman tahi sapinya, dan lain-lain. Mungkin mayoritas dari kita menyatakan bahwa kita emosi dan marah, sebenarnya yang terjadi kita belum tahu sebelumnya, kemarin para ibu-ibu tetangga bertemu dan mereka mengatakan bahwa kebun belakang rumahnya tidak mau subur sehingga tanaman yang ditanam tidak membuahkan hasil. Inisiatif tetangganya memberikan pupuk alami untuk kesuburan tanah, tapi yang melihat kotoran sapi adalah suaminya maka yang terjadi sebenarnya tidak diketahui.
  • Alumni Monarch Bali (AMB)

    10 Juni 2021

    Monarch Bali, sebagai salah satu lembaga pelatihan perhotelan dan kapal pesiar telah menghasilkan banyak alumni-alumni yang sukses mengembangkan karirnya baik di industri perhotelan maupun kapal pesiar. Lulusan Monarch Bali atau para Alumni memiliki daya saing tinggi di dunia kerja khususnya dibidang pariwisata, mulai dari pekerja di darat sampai di kapal pesiar. Tidak dipungkiri juga para alumni sudah banyak berkarir di industri pariwisata di dalam maupun diluar negeri. Diantara alumni-alumni monarch bali, 3 diantaranya telah bekerja di kapal pesiar dan hotel ternama. Pertama adalah Ni Kadek Yudiani adalah alumni jurusan culinary yang saat ini bekerja di Kanuhura Maldives. Yudiani memulai karirnya dari menjadi seorang training di Maya Resort Sanur and Spa. Berawal dari training tersebut kemudian membuka jalan karir seorang Yudiani yang saat ini sukses bekerja sebagai seorang pastry demi chef de partie di Maldives. Made Amelia Putrika Valencia adalah alumni kedua yang juga merupakan alumni Monarch Bali yang saat ini bekerja dikapal pesiar MSC Cruise Line. Amelia mengawali karirnya sebagai seorang daily worker di Sthala Ubud by Marriot, berawal dari karir inilah Amelia membulatkan tekadnya untuk bekerja di luar negeri dan mengenal dunia. Hingga akhirnya kini Amelia sukses mendapatkan kontraknya di MSC Cruise Line. Alumni ketiga adalah Gede Wira Arta Kusuma juga merupakan alumni kami yang saat ini bekerja di TUI Cruises. Karir Wira dimulai dari keinginan besarnya untuk bisa menjelajah negara-negara eropa. Berbekal semangat dan pengetahuan yang telah ia dapatkan selama menempuh pelatihan berbasis kompetensi di Monarch Bali, ia berhasil mendapatkan kontraknya di TUI Cruises. Itulah 3 diantara sekian banyak alumni Monarch Bali yang telah berhasil mengembangkan karirnya di negara lain.
  • Bright Student Achievement

    3 Juni 2021

    "Making Bad & Towel Art competition” yang IHKA Bali selenggarakan dimaksud untuk memacu peserta baik dari unsur Kampus, SMK Perhotelan,Villa, dan Bungalow salah satunya Monarch Bali Candidasa, maupun bidang pariwisata dalam meningkatkan kualitas dalam proses dan hasil pembelajaran khususnya di bidang usaha perhotelan agar para siswa mampu memenangkan persaingan dan berkiprah di era globalisasi, baik pada skala Sektoral, Regional, Nasional maupun Internasional. Hal ini dimaksud bahwa kegiatan "Making Bad & Towel Art competition" dalam prospektif nasional sangat terkait dan merupakan bagian integral dari program strategis peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan terutama dalam era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). IHKA Bali memilih kompetisi di bidang Tourism dan Hospitality, antara lain Making Bed & Towel Art Competition

BRIGHTER'S SPIRIT IN HARMONY

Monarch Bali Mobile Application

Monarch Bali Mobile Application Monarch Bali Mobile Application

Follow Us

Copyright 2022 Yayasan Widhi Sastra Nugraha. All rights reserved.